Sofa menjadi barang yang sangat dibutuhkan di rumah anda, apalagi jika anda sudah mempunyai rumah sendiri. Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu,ruang keluarga maupun di depan area teras rumah anda. Perlu diketahui bahwa sofa sangat perlu diperhatikan kebersihanya. Tapi masih banyak ternyata yang masih belum mengerti cara membersihkan sofa yang benar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan sofa di rumah anda. Biasanya untuk kebersihan hanya dilakukan dengan mengelap, atau menggebuk area sofa dengan benda keras dan bahkan hanya menggunakan tangan untuk bisa membersihkan debunya.

Dan hal ini ternyata kutang efektif, apalagi debu yang ada masih tetap menempel kembali ke kain dan sela – sela sofa. Sementara sofa digunakan setiap hari, entah itu anda yang duduk ataupun ada orang lain seperti tamu yang datang ke rumah anda.

Apalagi bercak – bercak pada sofa sebenarnya juga susah banget untuk dihilangkan, kadang dicuci saja susah, apalagi cuma pakai tangan dan digebukin saja, debunya juga bakalan balik lagi.

kunjungi juga halaman jasa bersih sofa di Bandung

Kenapa Sofa Harus Dicuci ?

Cara membersihkan sofa yang paling ampuh adalah dengan mencucinya secara benar dan tepat. Karena kadang orang juga mencuci sofa asal basah dan kena air saja lalu menjemurnya. Ini bisa berakibat buruk untuk kualitas sofa di rumah anda.

Bahkan selain merusak sofa nya, sofa juga bisa bau apek. Hal buruk seperti ini bisa membuat penilaian orang yang datang ke rumah anda bisa langsung mengindikasikan bahwa anda kurang menjaga kebersihan.

Anda bisa melakukan pengelapan pada sofa,tapi ini tentu masih meninggalkan bercak dan  kotoran yang bersembunyi di sela-sela sofa.

Cara Membersihkan Sofa dengan Benar

Salah satu yang bisa anda lakukan agar sofa semakin bersih dan terhindar dari kotoran, anda bisa melakukan cara dibawah ini :

  • Membersihkan Sofa dari Debu dan Bakteri dengan Vacum Cleaner

Anda dirumah punya vacuum cleaner ? Jika anda punya anda bisa menggunakannya untuk membersihkan debu di area sofa anda. Cara membersihkan sofa dengan vacuum cleaner ini juga sangat mudah, apalagi dengan bantuan alat yang tentunya bisa lebih cepat dan akurat.

Daya sedot dari vacuum cleaner juga bisa menembus berbagai kotoran dan bakteri yang ada di sela – sela sofa, karena bagian ini memang bisa menjadi tempat paling aman untuk berbagai jenis kotoran pada sofa. Misalnya saja bulu hewan, sisa makanan, kutu dan bakteri lainya.

  • Cuci dengan Air dan Alkohol 

Jika memang noda yang membandel susah dibersihkan, anda bisa menggunakan campuran ditergen,air dan alkohol untuk mencuci sofa anda. Bawa keluar sofa anda dan anda cuci saja dengan semua campuran bahan diatas.

Keringkan sampai benar – benar kering agar nantinya sofa anda tidak bau apek. Kalau memang belum kering dan sudah sore, bawa masuk saja. Kalau rumah anda menggunakan AC dan kipas lebih baik nyalakan saja. Hal ini bisa saja menambah suasana agar air yang ada di dalam sofa  bisa sedikit menghilang.

  • Gunakan Air dan Cuka

Kalau memang menggunakan bahan diatas masih ada noda yang membandel,anda bisa menggunakan bahan pembersih dengan cuka dan air. Biasanya akan lebih cepat teratasi jika menggunakan cuka. Cara membersihkan sofa dengan cuka ini juga cukup mudah. Hanya dicampur dengan air saja dan tinggal dicuci sofanya.

Kalau sudah kering tinggal keringkan bagian yang tadi anda cuka dengan setrika uap.

Dan sekarang sofa anda jadi makin bersih dan tinggal anda beri saja pewangi.