Karpet rumah memang menjadi kebutuhan pelengkap di ruangan rumah anda. Mungkin di ruang tamu, ruang tengah, ruang keluarga ataupun di kamar kadang juga ada. Namun kebanyakan nih, biasanya masih banyak juga yang tidak menjaga kebersihan karpet. Cuci karpet juga cuma asal basah lalu dijemur lagi. Padahal ada kok cara mecuci karpet agar tidak bau apek.

Memang banyak banget keluhan terkait karpet yang bau apek, ini karena masalah pencucian yang kurang sempurna dan asal basah tadi. Karpet yang kalau dicuci cuma asal basah dan pakai pewangi asal – asalan biasanya bukanya karpet malah tambah wangi, kadang bisa juga malah tambah apek dan bisa bau busuk.

baca juga artikel tentang cuci karpet bandung

Apalagi kalau mengeringkanya juga kurang sempurna, justru malah bisa merusak karpet itu sendiri. Karepet merupakan barang yang cukup tebal jika dicuci, dan ini membuat proses pencucian dan pengeringan jadi lebih lama. Dan kebanyakan orang memang males kalau sudah urusan nya sama karpet kotor dan butuh pencucian.

Terlebih lagi biasanya dirumah juga tidak hanya satu karpet saja yang digunakan, kadang bisa ada dua sampai bahkan lebih. Tentu lebih males lagi kan kalau mau mencuci banyak karpet. Selain waktu yang lama dalam pencucian, tenaga juga banyak dikerahkan ketika mengangkat karpet yang basah.

Cara mencuci karpet agar tidak bau apek dibawah memang sangat cocok unntuk anda terapkan.

Apa Resiko Jika Karpet Bau Apek ?

Ada banyak resiko yang akan anda dapatkan jika karpet dirumah anda bau apek. Misalnya saja akan banyak bakteri dan serangga yang bisa tinggal di sela – sela karpet anda, menjadikan badan gatal jika duduk ataupun tidur diatasnya, dan yang paling bikin risih tentunya karena bau menyengat yang bisa nyesek di hidung.

Dan repotnya lagi, kalau pas lagi ada orang yang datang kerumah dan mencium bau aroma karpet anda yang apek. Malu kan ?

Apalagi kalau tidak hanya satu karpet saja yang bau apek, tentu kualitas kebersihan rumah anda akan mudah dinilai oleh orang lain yang datang kerumah anda.

baca juga artikel mengenai laundry karpet Depok

Cara  Mencuci Karpet Agar Tidak Bau Apek

Padahal cara yang sederhana bisa anda terapkan jika anda ingin semua karpet dirumah anda tidak lagi bau apek. Simak langkah -langkah pencucian karpet yang benar dibawah ini :

  1. Anda bisa mencuci karpet dengan sikat maupun dengan steam yang ada dirumah anda. Yang paling penting sebelum anda mengangkat karpet dan menjemurnya, pastikan sudah dibilas dan air nya sudah bening. Jangan cuma asal basah saja.
  2. Bilas dengan air bersih sampai benar – benar bening dan kalau bisa tambahkan kaporit sedikit saja dan jangan terlalu banyak. Soalnya kalau banyak bisa membuat karpet anda jadi makin luntur. Ini akan membuat karpet anda tetap tidak akan bau apek, meskipun kalau dijemur satu hari tidak kering.
  3. Kalau memang karpet anda sudah dicuci dan dijemur tidak kering lalu timbul bau apek, anda bisa menggunakan baking soda untuk menghillangkan bau apeknya.

Ketika menaburkan baking soda ke atas karpet usahakan merata dan keringkan dengan penyedot debu secara merata. Kemudian keringkan kembali di tempat yang panas maupun dengan di angin – anginkan, jadinya sudah tidak bau apek lagi.

Dengan menaburkan soda memang paling praktis, namun dari awal pencucian sebaiknya tetap harus mengikuti prosedur diatas,  jangan terlalu sering menambahkan baking soda maupun kaporit. Karena kalau keseringan apalagi kaporit yang terlalu banyak bisa merusak karpet anda.