Cara Mencuci Spring Bed by Grades: Spring Bed merupakan jenis alas tidur yang di era sekarang ini lebih dipilih kebanyakan orang dibanding kasur biasa. Sebutan lainnya juga sering disebut kasur busa. Setiap hari setidaknya orang akan menggunakan kasur selama 6 jam yang tentu saja akan menyebabkan kasur anda menjadi kotor. Bagi anda yang memiliki springbed sudah seharusnya untuk bisa menjaga kebersihannya karena jika tidak akan menjadi media tempat tumbuh kembangnya kutu kasur dan tungau. Jika Anda mempunyai banyak waktu luang maka anda bisa membersihan kasur anda sendiri di rumah dengan peralatan yang sederhana dan obat pembersih yang mudah di dapatkan.

Kebanyakan orang yang punya spring bed memang belum menyadari secara penuh kalau spring bed ini punya celah – celah kecil yang kadang juga bisa menjadi sarang kutu atau bakteri dirumah kasur anda.

Padahal tidur yang berkualitas juga sangat didukung dengan alas yang anda pakai. Coba bayangkan jika anda menggunakan alas tidur yang bau apek dan banyak kutunya ? Pasti tidur anda tidak akan lelap, dan bahkan tidak bisa tidur sama sekali.

Kebanyakan dari mereka malah hanya melakukan pembersihan yang sepele. Padahal banyak sekali efek yang dapat dirasakan jika tidak menjaga kebersihan spring bed.

baca juga halaman tentang jasa bersih kasur di Bandung

Apa Efek Tidak Mencuci Spring Bed ?

Banyak hal yang bisa terjadi terhadap diri dan keluarga anda jika anda tidak menjaga kebersihan kamar tidur anda, terutama pada spring bed yang sering anda pakai. Misalnya :

  • Mengakibatkan Tubuh Gatal

Ternyata kutu kasur, tungau, bakteri dan kuman yang ada di dalam sela – sela spring bed anda bisa juga mengakibatkan penyakit di tubuh anda. Anda bisa gatal-gatal dan risiko lainnya.

  • Banyak Serangga

Ada juga jenis serangga kecil yang akan betah tinggal dan tidur dengan anda jika anda tidak melakukan cara mencuci spring bed dengan benar. Misalnya dengan serangga yang bisa saja masuk ke sela- sela spring bed dan bisa menggigit anda ketika anda tidur. Misalnya saja bed bug atau kutu kasur dan kutu kucing. Keduanya hidup di permuaan kasur dan sangat aktif di malam hari untuk mencari makan dengan cara menghisap darah yang sedang tidur.

  • Tidak Bisa Tidur

Kalau yang ini jelas banget sih, apalagi spring bed yang memang jarang dicuci bisa saja membawa suasana tidur anda jadi tidak nyaman dan bahkan tidak bisa tidur. Mungkin karena bau yang menyengat dan apek.

Cara Mencuci Spring Bed dengan Mudah dan Benar

Anda bisa dengan mudah membersihkan dan mencuci spring bed di rumah anda dengan beberapa langkah dibawah ini :

  • Kalau anda dirumah ada penebah debu, anda bisa menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di spring bed anda.
  • Setelah itu persiapkan bahan dasarnya, anda bisa menggunakan sabun colek, sabun cuci piring maupun deterjen untuk dicampurkan kedalam air. Gunakan semprotan mini untuk penyiraman spring bed.
  • Gunakan sedikit air saja dan jangan terlalu banyak, karena bisa membuat spring bed anda bisa lama banget keringnya.
  • Usahakan langsung jemur saja di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.

Selain cara mencuci spring bed, anda juga harus memperhatikan kebersihan lainya. Misalnya kamar tidur baik tembok, lantai dan bagian atasnya.

Anda juga harus sering membersihkan spring bed anda secara rutin dengan menjemurnya dibawah terik matahari, karena hal ini juga bagus membuat spring bed juga semakin empuk dan elastis.

Setidaknya seminggu 1-2 kali anda bisa menjemurnya. Dan usahakan juga setelah kering posisikan sebaliknya ketika ingin menggunakan spring bed di kamar anda. Ini untuk menghindari agar spring bed anda tidak cekung satu sisi saja. 

Seumpama tidak ada waktu untuk bolak – balik spring bed, anda bisa melakukannya setahun 3-4 kali saja.

Kalau untuk cara mencuci spring bed, anda bisa aplikasikan satu bulan sampai dua bulan sekali saja.