Cara membersihkan kursi kulit sintetis belum sepenuhnya diketahui banyak orang. Kursi berbahan kulit sintetis sekarang ini masih menjadi primadona. Pasalnya bahan tersebut murah dan mudah dibersihkan.

Terutama jika terkena tumpahan minuman atau noda tidak akan tembus hingga ke lapisan dalam. Hanya saja dari segi bahan, kursi ini berbeda dengan bahan kulit asli. Sehingga memiliki kelemahan yang benar-benar harus dijaga.

baca juga: baca juga: cuci sofa Bandung

Ikuti Cara Membersihkan Kursi Kulit Sintetis Agar Bersih Maksimal

Ketika Anda memiliki kursi berbahan kulit sintetis, tentu Anda bingung cara membersihkannya. Mengingat sofa lebih mudah kotor dan sering digunakan dalam keseharian. Simak cara berikut!

cara bersihkan sofa kulit sintetis

Menghilangkan Kotoran atau Debu

Pertama gunakan kemoceng untuk membersihkan debu. Selanjutnya membersihkan debu yang cukup sulit dengan kain kering atau lembab. Hal ini cukup efektif sehingga mengangkat debu yang menempel pada kursi.

Selain itu kain lap lembab dapat menghilangkan jamur yang ada di kulit sintetis secara maksimal. Ulangi beberapa kali hingga jamur bersih dan tuntas hingga ke sela-sela.

Gunakan Vacuum Cleaner

Membersihkan kulit sintetis dari jamur memang tidak cukup dengan lap kering saja. Anda harus menggunakan vacuum cleaner.

Vacuum cleaner cukup efektif membersihkan debu hingga ke sela-sela sofa hingga bagian dalam. vacum merupakan penyedot debu yang paling digemari banyak orang.

baca juga: cuci sofa Depok

Gunakan Cairan Cuka Apel

Pada kulit sintetis yang bernoda membandel maka cara membersihkan kursi kulit sintetis dengan menggunakan cairan cuka apel. Noda membandel cukup membuat tampilan kursi menjadi kurang menarik. Campurkan cuka apel dengan air kemudian larutkan.

Setelah itu masukkan kain lap ke dalam campuran air cuka tadi kemudian gosokkan ke area noda. Gosok hingga noda terlepas.

Gunakan Lotion

Untuk proses perawatan kursi kulit sintetis sebaiknya menggunakan pelembab agar kelembabannya terjaga dan tidak kering. Sehingga lebih awet dan kinclong.

 

Cara Membersihkan Jok Kulit Sintetis

Bahan kulit sintetis ini sering digunakan pada jok mobil. Sehingga tampilannya lebih elegan dan modern. Cara membersihkan jok agar tetap bersih dan baru maka perlu dilakukan pembersihan tepat. Gunakan lap chamois, busa, cairan pembersih khusus sintetis dan kain kering.

Membersihkan noda dan kotoran di jok cukup dengan menyemprotnya dengan cairan khusus pembersih sintetis. Kemudian lap dengan lap chamois hingga bersih.

Ketika semua sudah bersih maka cara membersihkan kursi kulit sintetis Anda tinggal mengelapnya dengan kain kering sehingga jok bisa kering kembali dengan cepat.

Cara Bersihkan Sofa Kulit Sintetis

Kini banyak sofa yang menggunakan bahan kulit sintetis. Alasan yang mendasari seseorang memilih bahan ini adalah dari segi perawannya yang mudah.

Cara membersihkannya hanya dengan vacum cleaner untuk menyedot sela-sela sofa hingga lapisan dalam. Selain itu langkah paling praktis dalam membersihkannya adalah dengan kain atau lap lembab.

Maka debu dan kotoran akan terangkat hingga bersih. Hindari menggunakan alat seperti sikat atau yang berbentuk tajam. karena akan melukai permukaan kulit sofa.

baca juga: cuci sofa Bogor

Tips Membersihkan Sofa Kulit Sintetis

Bagi Anda yang memiliki sofa berbahan kulit sintetis sebaiknya Anda menghindari penggunaan deterjen atau pembersih bahan dasar amonia. Meskipun sofa terbuat dari kulit yang kuat namun membersihkannya perlu kehati-hatian.

Cara membersihkan kursi kulit sintetis Anda dapat memanfaatkan kemoceng atau lap kering sebagai alat andalan harian Anda. Karena alat ini cukup aman untuk kulit sintetis.

letakkan sofa berbahan kulit sintetis tersebut di tempat yang teduh. Hal ini untuk tetap menjaganya selalu lembab dan tidak pecah permukaannya. Minimal lakukan seminggu sekali dengan pemberian pelembab agar tetap kinclong dan awet jangka panjang.

Hindari mengeringkan sofa yang sudah dibersihkan di sinar matahari. Anda cukup mengeringkannya dengan vacum saja.

Bahan kulit sintetis mudah menyerap panas, sehingga Anda perlu menghindari dari terik matahari langsung. Apabila ada noda yang membandel, maka Anda bisa menggunakan air cuka dan sikat yang benar-benar lembut sehingga tidak melukai permukaan sofa.

Dalam membersihkan sofa maka Anda dapat melakukannya seminggu sekali. Hal ini untuk tetap menjaga keawetannya.

Terlalu sering juga tidak akan bagus untuk ketahanan kulit sintetis tersebut. Apalagi kalau berbulan-bulan tidak dibersihkan maka jamur akan semakin banyak sehingga kulit sofa menjadi mudah rusak. Cara membersihkan kursi kulit sintetis tersebut cukup praktis dan mudah. Selamat mencoba.