Pindah rumah atau menempati rumah baru merupakan hal sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Terutama bagi mereka para pasangan baru. Meskipun baru, bukan berarti anda bisa langsung menempatinya dengan leluasa. Terdapat serangkaian kegiatan yang mesti dilakukan, misalnya saja bersih-bersih. Membersihkan rumah baru tentu saja berbeda dengan kegiatan bersih-bersih rumah pada umumnya. Tak perlu merasa bingung ataupun kesulitan, sebab anda dapat mengikuti tips membersihkan rumah baru berikut ini.

Tips Membersihkan Rumah Baru, Solusi Tepat untuk yang Baru Pindah

Pada dasarnya, membersihkan rumah baru tidaklah sulit. Hanya berbekal semangat dan peralatan kebersihan lainnya, anda sudah bisa menyulap rumah baru yang masih kotor menjadi bersih dan rapi. Bahkan, membersihkan rumah dapat menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama anggota keluarga tercinta. Mau tahu apa saja cara membersihkan rumah baru? Mari simak ulasannya berikut ini.

kunjungi juga artikel mengenai jasa bersih rumah Grades

 

Bersihkan Beberapa Kali Sebelum Anda Menempatinya

Sebelum anda benar-benar memastikan untuk pindah serta menempati rumah baru, pastikan anda mengunjunginya sesering mungkin. Terutama untuk membersihkan bagian rumah yang kotor. Bukan hanya itu saja, pastikan tidak ada bagian rumah yang mesti direnovasi. Misalnya saja, apakah masih ada lantai keramik yang belum dipasang, bagian tembok yang belum dicat, atau atap rumah yang bocor.

Hal ini bertujuan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan anda sebelum menempatinya nanti. Selain itu, anda juga harus memastikan setiap ruangan sudah disapu serta dipel dengan bersih. Jika perlu, anda bisa melihat panduan cara membersihkan keramik rumah baru. Sehingga, seluruh lantai dalam kondisi bersih, tidak ada aroma lembab, maupun aroma ruangan baru yang terkadang cukup mengganggu.

Aroma rumah baru anda pun wangi dan segar, tidak ada lagi aroma semen maupun bahan bangunan. Untuk itulah, jangan pernah anda bermalas-malasan untuk sesering mungkin membersihkannya. Rumah baru yang selesai dibangun maupun direnovasi pastinya memiliki debu yang sangat banyak. Membersihkan rumah baru ini, bukan hanya sekedar membuatnya bersih dan rapi saja, melainkan juga bisa menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Apabila sebelumnya rumah tersebut sudah dihuni, anda juga perlu untuk mengecek serta memastikan rumah tidak perlu untuk direnovasi lagi.

cara membersihkan rumah baru

Mulai Dari Bagian Paling Tinggi, Seperti Plafon dan Dinding

Tips membersihkan rumah baru selanjutnya, dapat diawali dengan membersihkan bagian rumah yang paling tinggi. Seperti halnya plafon atau dinding. Membersihkan plafon terlebih dahulu bertujuan agar debu tidak kembali mengotori lantai serta dinding. Anda dapat membersihkan plafon ini dengan menggunakan sapu, kemudian singkirkan debu yang ada di setiap sudut-sudut plafon.

Cara membersihkan rumah baru berikutnya yaitu lanjut ke bagian rumah yang lebih rendah. Seperti halnya jendela, pintu, dinding, serta yang terakhir yaitu menyapu dan mengepel lantai. Bila lantai rumah anda menggunakan keramik, ada baiknya untuk memperhatikan cara membersihkan keramik rumah baru juga. Sehingga cara membersihkan lantai keramik yang dilakukan tepat dan lantai menjadi bersih maksimal.

Tips yang satu ini berlaku untuk semua ruangan, baik itu ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga kamar mandi. Untuk bagian plafonnya sendiri, anda dapat menggunakan kemoceng bertangkai panjang. Alat kebersihan ini sangat membantu anda tanpa harus naik ke tempat yang lebih tinggi atau menggunakan tangga. Sedangkan di bagian dindingnya, anda bisa menggunakan spons kering. Bagian jendela bisa menggunakan dengan kemoceng biasa. Saat anda membersihkan setiap bagian rumah, pastikan debu-debu di sudut-sudut plafon telah hilang secara keseluruhan.

Bersihkan Bagian yang Paling Sering Dipegang

Tips membersihkan rumah baru berikutnya adalah dengan membersihkan bagian yang paling sering dipegang. Pastinya terdapat beberapa bagian yang tentunya sering disentuh atau dipegang oleh penghuni lama. Selain itu, ketika merenovasi rumah, pastinya tukang atau tenaga kerja juga menyentuh bagian penting di dalam rumah. Seperti halnya bak cuci piring, meja atau granit dapur, keran air, gagang pintu, maupun saklar lampu. Cara membersihkan rumah baru pada bagian ini anda dapat menggunakan lap basah yang telah direndam menggunakan campuran air maupun deterjen. Setelah sudah selesai, kemudian keringkan dengan lap bersih.

Membersihkan Bagian Lantai

Tips terakhir untuk membersihkan rumah baru adalah dengan memastikan bahwa lantai rumah anda benar-benar bersih. Terutama rumah dengan lantai keramik, pastinya cara penanganannya berbeda dengan jenis lantai lainnya. Cara membersihkan keramik rumah baru tidaklah sulit. Pertama, biasanya rumah yang benar-benar baru dan belum sama sekali ditempati, biasanya diguyur dengan air hingga tampak seperti banjir.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa bekas cat, debu, bekas minyak, dan kotoran lainnya. Lantai keramik, marmer atau yang terbuat dari batu granit, ada baiknya tidak diguyur dengan menggunakan air. Sebab, justru bisa menyebabkan kerusakan. Anda dapat menggunakan pel yang mempunyai gagang serta mudah untuk diperas. Selain itu, pastikan juga kain pel yang digunakan tepat dan sesuai.

Itulah beberapa tips membersihkan rumah baru yang mudah dan sederhana untuk dilakukan. Silahkan untuk dipraktekkan di rumah baru anda dan selamat mencoba.