Kasur springbed terasa lembap dan tidak nyaman? Itu mungkin karena Anda yang tidak merawat kebersihannya. Percaya atau tidak, kebersihan springbed memang sangatlah penting untuk menjaganya tetap nyaman.

Lalu bagaimana cara agar kasur springbed awet bersih? Tak perlu selalu gunakan jasa profesional. Anda pun bisa merawatnya sendiri di rumah dengan cara di bawah ini.

baca juga: cuci springbed bandung

Cara Merawat Kebersihan Springbed Agar Tetap Nyaman

Saat lelah beraktivitas, springbed memang menjadi tempat ternyaman melepas penat. Walaupun itu hanya sekedar merebahkan diri dan bersantai. Namun ada kalanya kasur justru terasa tidak nyaman. Membuat kita tidak betah berlama-lama di atasnya.

Jika sudah begitu, Anda cobalah untuk lebih merawat kebersihan springbed. Bagaimana caranya? Selain dengan teratur mencucinya, perhatikan juga berikut ini:

  1. Bersihkan Kotoran dari Sumbernya

Agar kotoran tidak menyebar, lihatlah dulu di mana sumbernya. Baru setelah itu bersihkan mulai dari sumber tersebut. Dengan begitu bagian springbed yang lain dapat tetap bersih sampai waktu mencucinya.

Misal, jika kotoran menempel pada seprai, tak masalah langsung lepas saja. Lalu ganti dengan seprei yang bersih. Atau jika ada tumpahan makanan, ambilah dulu tumpahannya. Baru setelah itu bersihkan untuk menghilangkan sumbernya.

Sementara jika masalahnya adalah jamur, lumut atau tungau. Maka pastikan juga Anda membasminya sampai ke sumbernya.

  1. Rutin Lakukan Vakum Pada Springbed

Walaupun terlihat tanpa noda, bukan berarti springbed benar-benar bersih. Bisa jadi di pori-porinya ada tumpukan debu bahkan tungau. Karena itu, Anda harus rutin membersihkannya. Memastikan springbed bebas dari debu-debu halus.

Akan lebih mudah gunakan alat penyedot debu untuk hal ini. Lakukan pada dua sisi kasur secara menyeluruh. Terutama di area-area tersembunyi dan pinggiran. Atau jika tidak sempat, paling tidak bersihkan kasur dengan kemoceng.

kunjungi juga artikel tentang cuci sofa Bandung

  1. Jemur Springbed Secara Rutin

Satu lagi cara merawat springbed tetap bersih ialah dengan rutin menjemurnya. Setidaknya 1-2 jam untuk setiap sisinya di bawah sinar matahari. Di tempat yang sejuk dan kering serta tidak berdebu.

Panas sinar matahari itu akan membunuh kuman dan bakteri di springbed. Juga sekaligus menghilangkan tungau dan jamur. Sehingga bagus untuk tetap menjaga springbed agar selalu bersih.

  1. Langsung Bersihkan Noda dengan Segera

Langsung bersihkan noda segera begitu Anda melihatnya. Jangan biarkan lama-lama bahkan hingga noda kering. Namun ingat, jangan menggosoknya. Sebab itu dapat membuat noda justru melebar.

Segeralah ambil kain lap dan cairan pembersih untuk springbed. Bersihkan noda dengan cara menepuk-nepuknya ringan hingga mengering. Untuk pengeringan ini, Anda bisa gunakan kain microfiber atau hair dryer.

Manfaat Merawat Kebersihan Springbed

Setiap hari kita bisa menghabiskan 7-8 jam di atas kasur. Itu sebabnya kenyamanannya harus dijaga. Salah satunya yaitu dengan rajin merawat kebersihannya. Mengapa perlu? Berikut manfaat bila Anda merawat kebersihan springbed:

  1. Tidur lebih nyenyak. Kasur springbed yang bersih akan terasa empuk dan tidak berbau. Sehingga tidur pun dapat menjadi lebih nyenyak. Berbeda jika kotor dan lembap, badan malah jadi tidak enak dan tidur pun terganggu.
  2. Tidak gatal dan nyaman. Springbed bersih bebas dari kuman dan debu. Jadi tak badan tidak akan gatal-gatal. Anda juga bisa lebih nyaman berbaring di atasnya. Selain itu, gejala alergi juga bisa dicegah.
  3. Bebas tungau. Jika rajin dibersihkan, tungau tidak akan hidup di springbed. Jadi aman dan sehat untuk semua penghuni rumah.
  4. Kualitas tidur meningkat. Kasur nyaman membuat tidur menjadi pulas. Dengan begitu, kualitas istirahat meningkat. Badan pun menjadi segar saat bangun tidur.

Jadi jika ingin tidur dengan nyaman, pastikan kebersihan springbed terus dirawat. Karena springbed yang bersih adalah kunci kenyamanan kasur springbed Anda.