Ingin tahu Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis ala Grades, silahkan teruskan membaca uraian artikel berikut sehingga mungkin anda dapat membersihkan sofanya sendiri. Sofa merupakan salah satu furnitur rumah yang biasa diletakkan di ruang tamu. Sofa yang bersih tentunya lebih nyaman untuk digunakan duduk. Ada beragam jenis sofa yang bisa diletakkan di ruang tamu sebagai furnitur. Salah satunya adalah sofa sintetis yang harus dibersihkan secara rutin. Sebab, jika tidak dibersihkan akan sangat berdebu dan kotor. Bagaimana cara membersihkan sofa kulit sintetis yang baik dan benar?

Sofa dengan bahan kulit sintetis memang banyak digunakan saat ini. Selain lebih menarik, sofa dengan kulit sintetis juga memiliki warna yang beragam. Salah satunya adalah sofa sintetis yang berwarna putih. Sofa dengan warna putih memang memiliki tampilan yang terkesan bersih.

bagi anda yang malas membersihkan sofa sendiri silahkan hubungi cuci sofa Bandung Grades

Ketahui Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis Berjamur

Sofa sintetis memiliki warna yang beragam dan bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Sofa sintetis perlu dirawat dan dibersihkan agar lebih bersih dan rapi. Bagaimana cara membersihkan sofa kulit putih? Apakah sama dengan cara membersihkan sofa kulit asli?

Cara membersihkan sofa kulit sintetis bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan cara membersihkannya dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan sofa kulit yang asli. Cara membersihkan sofa kulit yang kotor perlu menggunakan beberapa alat. Salah satunya adalah kemoceng.

Alat ini memang sudah lazim digunakan untuk membersihkan debu-debu di sofa. Tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan ketika membersihkan sofa. Cara membersihkan sofa yang sembarangan dapat membuat sofa menjadi rusak bahkan semakin berjamur dan kotor. Berikut ini cara membersihkan sofa kulit sintetis.

  1. Gunakan Alat Pembersih yang Kering Untuk Mengelap Sofa

Cara yang paling sederhana untuk membersihkan sofa kulit sintetis adalah mengelapnya dengan kain kering. Selain itu, anda bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkan debu. Akan lebih baik jika membersihkan sofa kulit sintetis dengan kain kering agar sofa tidak terlalu basah atau lembab. Sebab, hanya digunakan untuk membersihkan debu saja bukan noda yang membandel.

  1. Menggunakan Kain yang Agak Lembab Untuk Menghilangkan Noda

Salah satu masalah yang terjadi pada sofa adalah kulitnya yang berjamur. Cara membersihkan sofa kulit berjamur bisa menggunakan kain yang agak lembab. Kain yang agak lembab bisa membersihkan jamur pada sofa secara tuntas.

Selain itu, kain lembab juga bisa membersihkan noda yang lainnya. Sofa yang berjamur tentunya tidak nyaman digunakan duduk. Tampilannya pun tidak menarik. Terlebih lagi jika noda jamur tersebut terdapat pada sofa yang berwarna putih.

cara membersihkan sofa kulit yang kotor

  1. Menggunakan Cairan Cuka Apel

Cara membersihkan sofa kulit sintetis yang selanjutnya adalah menggunakan cairan cuka apel. Noda yang membandel pada sofa dapat membuat tampilan kurang menarik. Bahkan tamu pun enggan untuk duduk di sofa yang memiliki noda. Salah satu noda yang paling sering ditemukan adalah jamur yang membandel.

Cuka apel dapat digunakan sebagai cara membersihkan sofa kulit dari jamur yang membandel. Caranya adalah mencampur cuka apel dengan air kemudian larutkan. Setelah itu, masukkan kain lap ke dalam air campuran cuka dan peras. Lalu gosokkan secara perlahan pada noda dan jamur di sofa.

Setelah itu, gosok lagi dengan lap kering yang bersih. Dengan begitu, sofa tidak terlalu basah dan cepat kering. Kemudian berikan sentuhan terakhir yaitu memoles sofa agar terlihat lebih mengkilap dan bersih. Selain menggunakan cuka apel, membersihkan  sofa juga harus menggunakan cairan khusus pembersih.

Cairan yang memang khusus digunakan untuk membersihkan sofa lebih aman dibandingkan dengan yang lain. Sebab, cairan yang digunakan cocok dengan bahan sintetis pada sofa.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner

Cara membersihkan sofa kulit berjamur memang tidak mudah. Apalagi noda jamur tersebut sudah menyebar ke berbagai permukaan. Vacuum cleaner merupakan salah satu alat pembersih debu yang sudah digunakan oleh banyak orang.

Cara membersihkan sofa kulit sintetis yang kotor dan berdebu bisa menggunakan alat yang satu ini. Vacuum cleaner bisa digunakan untuk menyedot debu hingga ke bagian dalam sofa.

Sehingga sofa bisa bersih luar dalam tanpa ada debu yang tersisa. Cara membersihkan sofa kulit asli juga bisa menggunakan alat ini. Meskipun proses membersihkannya lebih sulit, namun alat ini sangat direkomendasikan untuk menyedot debu.

  1. Menggunakan Pelembab

Pelembab juga digunakan untuk membersihkan sofa sintetis. Ada banyak jenis produk pelembab yang bisa digunakan. Mengapa harus menggunakan pelembab? Karena sofa kulit sintetis juga membutuhkan perawatan. Jika tidak dirawat dengan benar, maka sofa akan cepat kering dan mengeras.

Pelembab yang digunakan pada sofa juga membuat tampilan sofa lebih elegan dan mengkilap. Membersihkan sofa memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah membuat sofa lebih bersih anti jamur, tampilan sofa lebih bagus, tidak ada noda atau kerak bahkan debu yang menempel.

Agar sofa kulit sintetis selalu bersih, maka anda bisa menggunakan beberapa cara diatas. Cara membersihkan sofa kulit sintetis bisa dilakukan seperti diatas. Akan lebih baik jika membersihkan sofa secara berkala agar tidak banyak debu.