Bagaimana Cara Cek Prospek Usaha Cuci Sofa jika Ingin Mulai?

Sekarang ini semua orang lebih mencari hal – hal praktis. Mulai dari ojek dan belanja, sekarang ini lebih memilih lewat online. Prospek jasa yang dilayani secara online ini tentu membuka peluang bagi banyak usaha lain yang sebelumnya dibutuhkan tapi sulit didapat.

Contoh usaha ini adalah jasa pembersihan sofa. Perabot tempat duduk spesial ini tentu tidak bisa dibersihkan sembarangan karena perlu alat dan teknik tertentu. Untuk beberapa model, sofa bahkan perlu dibongkar. Usaha cuci sofa ini tentu dibutuhkan, tapi sebelumnya sulit dicari. Sekarang banyak orang berlomba menyediakan jasanya secara online.

cek juga: usaha cleaning service

usaha cuci sofa

Usaha Cuci Sofa

Bagi Anda yang ingin terjun juga ke usaha jasa cuci sofa ini, Anda harus tahu dulu informasi prospek usahanya. Dalam prospek usaha ini, Anda perlu tahu beberapa hal yaitu trend dan juga tingkat persaingannya. Memulai jasa cuci sofa tentu mudah, tapi jika Anda tidak bisa bersaing tentu usaha Anda akan sulit sukses.

Dalam hal ini dari trend yang terjadi adalah peningkatan. Karena akses yang lebih mudah, semua orang bisa temukan penyedia usaha pembersihan sofa ini dengan lebih mudah. Selain sofa, usaha lain yang memerlukan pembersihan khusus seperti usaha cuci spring bed dan lampu gantung hias juga mengalami peningkatan. Peningkatan ini sayangnya tidak merata ke seluruh Indonesia.

baca juga: franchise cleaning service

Jadi tergantung tempat Anda, peluang usaha menjadi sukses bisa berbeda. Buka usaha cuci sofa di kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya misalnya, tentu bisa mendapat lebih banyak permintaan daripada di kota Betun di Nusa Tenggara Timur. Tapi Anda tentu tidak perlu takut, usaha dan juga teknik pemasaran Anda bisa jadi kunci sukses di tempat yang jauh dari kota besar.

Di kota besar, Anda mungkin mendapatkan banyak permintaan, tapi persaingan sangat ketat. Bisa saja di kota tersebut sudah didominasi dengan franchise cuci sofa yang terkenal. Jika standar jasa Anda kalah dengan penyedia jasa cuci sofa tersebut, tentu Anda akan ditinggalkan. Di sisi lain, jika di tempat yang tidak banyak saingan, Anda bisa menguasai pasar sendiri.

Hal yang menjadi kunci adalah mencari informasi potensi pelanggan dan juga persaingan di tempat Anda. Untuk hal ini, pastikan melakukan research terlebih dahulu soal ini. Misal saja dengan cek di Google Trend dengan kata kunci jasa cuci sofa. Dari data ini, Anda bisa spesifikas sumber data pencarian untuk regional tertentu. Semakin banyak orang mencari, tentu peluang usaha cuci sofa menjadi kebanjiran pelanggan lebih tinggi.

Disisi lain untuk melihat pesaing, Anda bisa cek dari internet apakah ada penyedia jasa di daerah Anda. Jika dari hasil search ternyata tidak banyak, Anda bisa ambil kesempatan langsung terjun ke usaha ini. Tapi jangan lupa menyesuaikan harga dan juga pelayanan dengan pesaing agar Anda tetap kompetitif.

Jika sudah mantap buka usaha, hal yang terakhir harus Anda lakukan adalah memutar ide untuk keperluan menjual brand. Kegiatan promosi bisa dibilang menjadi kunci utama usaha sukses saat ini. Promosi ini bisa Anda lakukan dengan menyebarkan brosur, membuat website dan juga memanfaatkan sosial media.

Strategi berikutnya untuk lebih menjual adalah dengan menawarkan hal unik. Contoh saja Anda adalah satu – satunya penyedia jasa cuci sofa yang menggunakan power wash, ataupun bersedia membersihkan sofa dengan teknik khusus. Mampu menawarkan hal yang berbeda diantara para pesaing bisa jadi daya tarik utama usaha Anda.

Bagaimana? Apakah informasi di atas membantu? Mudah – mudahan dengan informasi ini, Anda dapat membuka usaha yang sukses!