Hal – Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memulai Usaha Cleaning Service

Jasa bersih – bersih pesanan sekarang ini bisa dibilang lebih banyak digunakan. Jika sebelumnya perusahaan harus membuka rekrutmen untuk petugas kebersihan, sekarang perusahaan cukup menandatangani kontrak dengan usaha cleaning service. Menyewa jasa dari cleaning service tentu lebih hemat dibandingkan harus membuka bagian tersendiri.

Usaha Cleaning Service

Bayangkan saja, sebagai perusahaan, Anda harus menyiapkan modal tersendiri untuk keperluan membeli alat kebersihan khusus ataupun membeli bahan pembersih seperti sabun lantai secara rutin. Hal ini tentu merepotkan dari segi pembukuan perusahaan dan juga alokasi dana. Tapi dengan menggunakan jasa usaha cleaning service panggilan, cukup telephone jika diperlukan. Petugas dan peralatan dari penyedia jasa bersih – bersih ini biasanya malah lebih baik daripada harus menyediakan sendiri.

baca juga artikel mengenai cleaning service bandung

usaha cleaning service

Nah, karena permintaanya meningkat, Anda mungkin tertarik memulai usaha cleaning service ini. Jika ingin terjun ke dunia usaha ini, Anda tentu harus tahu hal – hal berikut ini sebelum mulai:

Jangan Paksakan Pengeluaran untuk Alat

Saat baru mulai usaha, tentu modal usaha cleaning service Anda tergantung dari budget yang telah dipersiapkan. Banyak orang yang ingin mulai usaha ini selalu terpaku pada peralatan yang canggih untuk bersih – bersih. Hal ini tentu tidak harus. Hal seperti sapu dan kain pel bisa menggunakan yang Anda pakai saat itu juga.

Tidak semua peralatan harus baru dan langsung special pada saat awal memulai jasa. Pastikan saja peralatan yang digunakan lengkap. Hal seperti vacuum cleaner dan juga polisher mungkin adalah alat yang tidak umum dimiliki dan perlu dibeli, tapi selain itu Anda tidak perlu barang baru.

Nah, karena pengeluaran awal bisa ditekan untuk modal, Anda bisa fokus sisa budget untuk keperluan lain seperti promosi ataupun peralatan transportasi. Nanti setelah laku banyak, Anda baru bisa upgrade peralatan jika diperlukan.

Cek Pesaing di Lingkungan Anda

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah pesaing. Jika Anda adalah penyedia jasa satu – satunya di area tentu Anda tidak perlu takut. Tapi di daerah kota besar, saingan usaha cleaning service rumahan dan sejenisnya, tentu banyak.

Jika sudah seperti ini, pastikan cek pesaing Anda soal penawaran jasa dan juga harga. Hal ini penting untuk memastikan Anda kompetitif. Setelah tahu detailnya sesuaikan pelayanan yang bisa Anda berikan dan juga harga agar Anda tetap menarik.

Jika ingin lebih sukses, Anda perlu pikirkan sesuatu yang unik agar menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan Anda. Misal Anda berani memberikan garansi ataupun menggunakan alat canggih tertentu untuk pembersihan. Hal seperti bisa senjata Anda memenangkan persaingan usaha di daerah tersebut.

baca juga: franchise cleaning service

Persiapkan Pemasaran yang Baik

Usaha yang berkembang cepat adalah usaha yang mampu promosi dengan baik. Pemasaran dari jasa cleaning service Anda tentu tidak akan mendapat pelanggan jika tidak ada yang tahu tentang keberadaannya. Pastikan nama brand usaha Anda mampu tersebar baik, paling tidak di area domisili Anda.

Untuk keperluan ini, Anda bisa gunakan media sosial ataupun media tradisional demi mendapatkan pelanggan cepat. Media sosial seperti Facebook dan Twitter bisa Anda gunakan juga sebagai alat penerima pesanan dan customer service. Memiliki website pribadi juga bisa membantu para pelanggan yang ingin tahu lebih tentang usaha Anda. Semakin mereka mencari tahu info usaha, tentu ada kemungkinan besar mereka pesan jasa Anda.

Sekian bahasan hal – hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai usaha cleaning service. Semoga hal ini bisa membantu Anda.