Cara Membersihkan Perabot Berbahan Kain Tanpa Ribet

Sekarang ini, memiliki kebun dan halaman belakang sudah menjadi sebuah tren bersamaan dengan berkembangnya tren green living. Banyak desainer menciptakan lebih banyak ruang terbuka untuk rumah, namun ini artinya juga menambah pekerjaan karena harus membersihkan perabot yang diletakkan outdoor.

Salah satu perabot yang kerap ada di halaman adalah kursi kayu panjang yang dihiasi dengan cushion beraneka warna dan bentuk yang menambah keindahan dan rasa nyaman. Tetapi karena bantal ini terlalu sering berada di luar ruangan, membuatnya mudah rusak dan terlihat tidak cantik lagi. Lalu bagaimana cara membersihkan bantal teras dari  lumut maupun kotoran yang menempel?

Selain bantalan teras dan sofa semacam ini, ada banyak perabotan yang terbuat atau terbungkus kain yang memiliki masalah serupa. Karena kain adalah benda yang mudah sekali kotor, maka membersihkan perabot berbahan dasar kain juga harus cukup sering, dan tentunya hal ini cukup merepotkan. Namun untungnya ada beberapa cara mudah untuk membersihkannya.

 

Cara Mudah Membersihkan Perabot Yang Terbuat Dari Bahan Kain

Dengan Lemon dan Soda Kue

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan campuran air, irisan lemon, dan soda kue. Taruh ketiga bahan tersebut ke dalam botol semprot dan biarkan selama semalam. Sebelum dibersihkan, bantal harus benar-benar dalam keadaan kering terlebih dahulu. Cara pembersihannya adalah dengan menyemprotkan cairan yang telah disiapkan kemarin ke atas lumut atau kotoran yang ada di bantal.

Gosok permukaan bantal dengan menggunakan sikat yang berbulu menengah, tidak terlalu kasar dan tidak terlalu lembut. Lalu bersihkan dengan lap basah dan keringkan di bawah sinar matahari.

Tips untuk bantalan yang tahan lama adalah selalu mengenakan penutup agar bantal mudah dibersihkan. Dan jangan lupa untuk menjaga mereka di bawah sinar matahari. Ini adalah cara untuk menjaga bagian dalam bantal teras kering dan menghindari serangan jamur.

membersihkan perabot berbahan kain

Cuka

Dalam kondisi lembab, jamur akan mudah muncul. Bahkan tidak hanya pada makanan, tetapi juga bisa tumbuh pada pakaian, perkakas dan juga furnitur. Furnitur yang terbuat dari kain mudah diserang oleh jamur. Apalagi jika jarang dibersihkan.

Triknya hampir sama dengan cara biasa mengatasi jamur pada pakaian, hanya saja minus penggunaan mesin cuci. Jika Anda memilih untuk menggunakan cuka, Anda dapat menyemprotkan campuran cuka dan air ke bagian perabot yang berjamur.  Kemudian Anda dapat membersihkan perabot kain tersebut dengan sikat sampai bersih dan keringkan di bawah matahari.

Asam Sitrun Atau Boraks

Cara ini juga hampir sama dengan cara di atas yang menggunakan cuka. Hanya saja campuran asam sitrun dicampur dengan menggunakan air panas. Perbedaannya adalah Anda tidak perlu menunggu hingga semalam, Anda dapat langsung mengaplikasikan campuran air panas dan asam sitrun ke atas noda yang ada di perabot kain Anda.

Begitu pula dengan boraks. Anda dapat mencampurkan boraks dengan air biasa dan kemudian menggunakan cara yang sama seperti ketika menggunakan cairan campuran cuka seperti di atas.

Cara yang dibahas di atas cukup mudah diaplikasikan, namun kendalanya adalah pada masalah cuaca. Ketika cuaca sedang hujan dan tidak ada sinar matahari, maka perabot kain Anda malah tidak kunjung kering dan menimbulkan noda basah dan juga bau yang tidak sedap. Jika sudah begini, maka solusi terbaik adalah dengan menggunakan jasa profesional.

Bagi Anda yang ingin membersihkan perabot baik kain maupun kaca, dan juga perabot dan sudut rumah lainnya, Anda dapat menghubungi kontak kami yang ada di dan temukan solusi untuk rumah nyaman dan bersih impian Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *